Senin, 03 Maret 2008

Sudah 12 Pemain di Rekrut Persib



Sempat dinilai banyak kalangan geraknya terlambat dalam perburuan pemain, Manajemen Persib ternyata sudah melangkah lebih jauh. Sedikitnya ada 12 pemain yang telah mencapai kesepakatan nilai kontrak untuk bergabung dengan "Pangeran Biru" menghadapi Liga Super Indonesia (LSI) 2008.

Satu pemain baru yang dikontrak adalah Maman Abdurahman. Sebelas pemain lainnya adalah muka lama yang memperkuat Persib pada Liga Indonesia 2007.

Manajer Persib H. Jaja Soetardja mengatakan, selama ini pihaknya sengaja tidak terlalu memublikasikan pemain yang akan dibidik. "Kalau sudah pasti bergabung tidak akan ada yang ditutup-tutupi. Lebih baik pelan, tapi pasti," ujar Jaja, ketika dihubungi Kamis (21/2).

Pemain lama yang akan diperpanjang kontraknya adalah Tema Mursadad, Cecep Supriatna, Edi Hafid, Nova Arianto, Gilang Angga, Cucu Hidayat, Suwita Pata, Eka Ramdani, Salim Alaydrus, Lorenzo Cabanas, dan Zaenal Arif.

Melihat peran pemain sesuai dengan posisinya, saat ini untuk posisi bek sayap kiri masih kosong. Keseriusan Erik Setiawan bergabung dengan Persib masih teka-teki. Bahkan, ada kecenderungan manajemen tidak akan merekrutnya kembali. Sebetulnya, ada Salim yang bisa beroperasi di sayap, namun pemain asal Purwakarta itu tampaknya akan dimaksimalkan di tengah.

Untuk lini depan, Persib masih memiliki satu pemain dari kuota tiga atau empat tempat. Posisi lini tengah yang sudah cukup banyak dihuni pemain. Untuk posisi penjaga gawang juga, masih ada satu jatah tersisa, meski rencananya akan mengambil dari Persib U-23. Persib rencananya akan merekrut hingga 25 pemain pada LSI 2008. Dengan begitu, masih ada jatah 13 tempat yang masih kosong.

Jaja mengatakan, meski Jaya berada di Surabaya, komunikasi selalu berjalan lancar. Oleh karena itu, perekrutan pemain ini atas rekomendasi dari Jaya. Manajemen hanya mendukung keinginan dari pelatih. Jika ada pemain yang tidak cocok karena masalah nilai kontrak akan dicari penggantinya.

Dalam skema yang sudah dirancang oleh Jaya, pelatih kelahiran Medan ini akan mengunakan dua pola. Jika bermain di kandang, Jaya akan menerapkan 4-4-2. Pola berubah menjadi 3-5-2 jika melakukan partai tandang. Karena dua pola berbeda ini, membuat Jaya memilih pemain yang dinilai bisa beradaptasi dengan pola tersebut.

Jaya sendiri dikabarkan akan memboyong pemain yang dulu main di Deltras, seperti Hariono (stopper), Hilton Moriera (penyerang/gelandang serang), Jimmy Suparno. Jimmy bisa ditempatkan sebagai bek sayap kiri, meski posisi dia sebenarnya adalah seorang penyerang.

Tidak ada komentar: